Sabtu, 21 Mei 2011

Perkembangan Internet dan Dampaknya!

Internet memang masih merupakan fenomena yang khas masyarakat class menengah di perkotaan. Sampai tingkat tertentu ia masih belum memungkinkan untuk men- jadi medium populer seperti radio atau televisi. Tapi ini tidak berarti bahwa perkembangan internet sendiri akan berhenti sampai di situ. Dalam sejarah manusia, tidak pernah ada perubahan yang bisa berlangsung total sekaligus. Setiap perubahan pasti hanya dimulai oleh sekelompok kecil orang. Seperti pemakaian komputer yang sekarang makin tinggi jumlahnya, cepat atau lambat Internet akan mulai bisa menjangkau kalangan yang lebih luas. Beberapa faktor yang selama ini masih sering menjadi kendala bagi penyebar- luasan Internet dalam masyarakat kita seperti tingkat pengetahuan tentang komputer, tingginya biaya tarif telepon, hambatan sematik, dll.

Semua itu lambat laun akan bisa diatasi dengan pelbagai penemuan baru. Beberapa kalangan bahkan memprediksikan bahwa untuk jangka waktu 20 sampai 30 tahun yang akan datang, seperti halnya televisi saat ini, Internet akan menjadi perlengkapan standar dalam setiap rumah penduduk seluruh dunia. Tidaklah terlalu berlebihan kalau beberapa kalangan menilai Internet sebagai semacam nasib sosiologis peradaban manusia di masa depan yang tidak bisa ditolak. Saat ini Internet membawa kita dari suatu era sistem komputasi terdistribusi yang sangat luas menuju ke suatu sistem komputasi ubiguitas yaitu suatu usaha yang telah tersebar ke mana-mana.

Di masa yang akan datang teknologi komputer akan diitegrasikan dengan berbagai peralatan yang telah ada di sekitar kita, seperti lampu, kursi, mobil dan lain sebagainya. Tidak hanya sampai di situ saja, perlatan tersebut nantinya juga akan terhubung dalam jaringan Internet. Sehingga bukan mustahil di masa yang akan datang dalam perjalanan kita ke kantor, kita dapat melalui komputer yang terdapat dalam mobil dan memrogram microwave di rumah untuk memanaskan makan malam.

Saat ini di Amerika Serikat kecenderungan tersebut sudah mulai nampak. Telepon genggam, Personal Digital Assistant (PDA), Java Ring adalah beberapa contoh peralatan pribadi yang telah dilengkapi dengan kemampuan untuk terhubung dengan Internet. Dengan demikian kita dapat melihat nilai saham kita di Wall Street, membaca berita terbaru dari Reuters atau mencek e-mail kita setiap saat di manapun berada.

Peralatan ini sering disebut sebagai thin clients, yaitu suatu peranti pengakses Internet yang bentuknya kecil dan ringan. Perkembangan teknologi Internet telah membawa banyak perubahan dalam pola berpikir dan cara melakukan sesuatu. Tetapi teknologi ini masih akan terus berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi komputer dan komunikasi. Seiring dengan perkembangan tersebut Internet akan membawa manusia memasuki peradaban dan kebudayaan yang lebih baru. Dampak teknologi Internet ini mempengaruhi serta mengubah konsep-konsep dalam hubungan sosial, politik, perekonomian dan bisnis serta pendidikan.

Sumber  :  http://go-kerja.com/perkembangan-internet-dan-dampaknya/

0 komentar:

Posting Komentar